Wisata Buku di JakBook Kenari

Pasar Buku Kenari

Pandemi Covid-19 belum usai tetapi masyarakat terlihat sudah tidak peduli untuk “di rumah saja”. Saya sendiri belum berani dan belum tertarik mengunjungi tempat-tempat umum, kecuali minimarket dan toko tanaman. Tempat yang paling ingin saya datangi setelah pandemi selesai adalah perpustakaan dan toko buku. Walaupun buku bisa dibeli online, tapi rasa bahagia melewati lorong-lorong rak buku tidak bisa dipesan online kan.

Salah satu tempat wajib didatangi bagi pecinta buku di Jakarta dan sekitarnya ialah JakBook. JakBook merupakan sebuah pasar buku modern yang berlokasi di daerah Kenari, Senen, Jakarta Pusat. Awalnya pasar 4 lantai ini diisi oleh toko-toko instalasi listrik saja. Tapi sejak April 2019, lantai 3 nya sudah berubah untuk memfasilitasi kios-kios pindahan dari Pasar Buku Kwitang yang letaknya tak jauh dari sana.

Saya sempat mengunjungi Pasar Buku Kenari sekitar setahun yang lalu sebelum pandemi. Buku-buku yang dijual disini ada yang baru dan bekas. Katanya harga bukunya lebih murah 30% dari toko buku di luar, karena disubsidi oleh pemerintah daerah DKI Jakarta. Tapi saya tidak menemukan ada buku berbahasa inggris. 

Beberapa tempat di sekitar lantai 3 dihias dengan stiker-stiker unik yang cocok untuk berfoto. Yang saya suka adalah banyaknya area duduk dan lesehan bagi pengunjung untuk membaca buku. Dan saya selalu senang melihat ada tempat yang memfasilitasi ruang laktasi bagi ibu menyusui seperti di Pasar Buku Kenari ini.

Di dekat tangga pintu masuk Pasar Buku Kenari, terdapat Kafe Bencoolen yang menjual minuman, khususnya kopi Bengkulu. Kafe ini juga tempat yang nyaman buat membaca atau mengerjakan tugas. Selain kafe Bencoolen, minuman dan snack juga bisa dibeli di minimarket yang bernama JakMart. 

Tempat ini menjadi surga bagi pecinta buku. Dengan area yang bersih, ber-AC dan semua fasilitas di atas, JakBook Kenari cukup nyaman untuk didatangi oleh keluarga dengan anak kecil. Daripada ke mall saat weekend, mengunjungi tempat seperti ini lebih mendidik anak-anak. Saya berharap pemerintah dapat segera membangun JakBook di area Jakarta lainnya untuk meningkatkan niat baca masyarakat setempat.

3 thoughts on “Wisata Buku di JakBook Kenari”

  1. Pingback: Wisata Buku di JakBook Kenari – Blogger Perempuan

  2. Hai mba salam kenal, ia aku pengen banget deh ke sana, tapi aku ga tau selama pandemik ini kira” buka atau engga, kalau mau cari tau informasinya dimana ya mba? Terimakasih sebelumnya

    1. Hi Siva, salam kenal juga. Sepertinya tetap buka, karena aku pernah baca berita tempatnya sepi sejak pandemi. Mudah-mudahan bisa segera main kesana ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *